twitter


Sejarah Object oriented programming (oop)

Dasar untuk OOP dimulai pada awal tahun 1960-an, terobosan pertama untuk menggunakan bahasa pemrograman objek adalah Simula 67 yang dirancang untuk tujuan membuat simulasi, dan dikembangkan oleh Kristen Nygaard dan Ole-Johan Dahl di Norwegia.Sebuah pemrograman berorientasi objek pertama kali digali dari rancang bangun sebuah kapal, setiap kapal tentunya mempunyai sebuah pola atau cetakan yang tentunya akan dihasilkan perilaku yang unik, selanjutnya sebuah pola pembuatan kapal tadi dijadikan sebuah class atas objek yang berbetuk kapal.

Istilah "object oriented programming" pertama kali dipakai oleh Xerox PARC. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada proses menggunakan objek sebagai dasar untuk penghitungan. Suatu objek akan dapat dibentuk, diubah dan di hapus. Simula 67 yang telah memberikan masukan terhadap berbagai bahasa pemrograman lain, termasuk Pascal dan Lips. Tahun 1980, C++ mendominasi pemrograman dengan kategori berorientasi objek dan mulai berkembang pemrograman berorientasi objek dengan memikirkan graphics user interface.  
Grafics user interface yang dinamis pertama kali di kembangkan oleh Cocoa dengan struktur yang ada dalam Mac OS X adalah contoh yang baik dari GUI yang dinamis yang bekerja dengan bahasa pemrograman berorientasi objek. Paradigma dari pemrograman ini juga telah memainkan peranan penting dalam pengembangan event-driven programming.
Bahasa pemrograman yang menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek diantanya Fortran (bahasa pemrograman untuk pengolahan rumus), BASIC dan pascal. Bahasa pemrograman ini murni karena tidak memiliki fungsi yang diperlukan oleh programmer, hal ini akan memberikan kebuntuan bagi para programmer.
Untuk memecahkan kebuntuan tersebut maka ditemukan Java, Java menjadi populer karena menggunakan virtual machine yang mirip dengan C++, sehingga memungkinkan Java bisa berjalan pada berbagai platform.Kepopuleran pemrograman berorientasi objek telah menyebabkan pengembangan dalam bahasa modeling, design patern, dan lain sebagainya. Sehingga akan memberi harapan pengembangan bahasa pemrograman akan selalu ada dimasa mendatang.



Sumber : http://objekaja.blogspot.com
              http://saidsanklaksana.blogspot.com
              http://farai16.wordpress.com

1 komentar:

  1. hmm

Posting Komentar