twitter



Konsep dasar dan ciri object oriented programing

Ciri-ciri dan konsep penting dalam OOP, antara lain :

1.      Kelas (Class)
Class atau kelas adalah kelompok objek-objek yang memiliki karakteristik yang sama (yang sejenis) dan merupakan kumpulan atas definisi data dengan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu.  
Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

2.      Objek (Object)
Object adalah elemen dasar dari konsep pemrograman, merupakan sesuatu yang memiliki identitas (nama), pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek lainnya. Objek membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program computer.

3.      Method
Method adalah fungsi dan prosedur atau behavior dari suatu objek atau juga sebuah tindakan (implementasi) dari sebuah object . Contohnya pada Komputer  seperti cara memastikan, cara menghidupkan, cara menyimpan, menghapus data dan lain-lain.

4.      Abstraksi
Abstrak merupakan kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu untuk fokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari “pelaku” abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan selain itu proses, fungsi juga dapat di buat abstrak.

5.      Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah mekanisme pembungkusan untuk menyembunyikan atau melindungi suatu proses dari kemungkinan interferensi atau penyalahgunaan dari luar sistem juga sekaligus menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.

6.      Polimorfisme
Polimorfisme merupakan konsep yang dimungkinkan untuk menggunakan suatu interface yang sama agar suatu objek melakukan aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama tapi secara proses bisa berbeda-beda.

7.      Inheritance
Pewarisan atau inheritance adalah sebuah kelas mewarisi state dan behaviour dari kelas lain  atau dengan kata lain kemampuan suatu class (kelas induk) untuk menurunkan sifatnya ke class baru (kelas anak).
Tiga Konsep inheritance :
* Semua atribut & method dari kelas induk diturunkan ke kelas anak
* Pada kelas anak dapat menambahkan atribut & method yang tidak ada pada kelas induk
* Pada kelas anak dapat memodifikasi method (behavior) yang sudah ada di kelas induk




Sumber : http://www.agustav.web.id/2009/11/konsep-oop-objek-oriented-programming.html
               http://chalax212.wordpress.com/2012/09/26/konsep-dasar-object-oriented-programming-oop/
               http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek

0 komentar:

Posting Komentar