Konsep dasar
dan ciri object oriented programing
Ciri-ciri
dan konsep penting dalam OOP, antara lain :
1.
Kelas (Class)
Class
atau kelas adalah kelompok objek-objek yang memiliki karakteristik yang sama
(yang sejenis) dan merupakan kumpulan atas definisi data dengan fungsi-fungsi
dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu.
Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat
dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan
yang ada
dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri
dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan
OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan
aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara
seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program
ataupun sebaliknya.
2.
Objek (Object)
Object adalah
elemen dasar dari konsep pemrograman, merupakan sesuatu yang memiliki identitas
(nama), pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan
mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek
lainnya. Objek membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah
program computer.
3.
Method
Method adalah
fungsi dan prosedur atau behavior dari suatu objek atau juga sebuah tindakan
(implementasi) dari sebuah object . Contohnya pada Komputer seperti cara
memastikan, cara menghidupkan, cara menyimpan, menghapus data dan
lain-lain.
4.
Abstraksi
Abstrak merupakan kemampuan
sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu
untuk fokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari
“pelaku” abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya,
dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana
kelebihan ini diterapkan selain itu proses, fungsi juga dapat di buat abstrak.
5.
Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah mekanisme pembungkusan untuk
menyembunyikan atau melindungi suatu proses dari kemungkinan interferensi atau
penyalahgunaan dari luar sistem juga sekaligus menyederhanakan penggunaan sistem
itu sendiri.
6.
Polimorfisme
Polimorfisme merupakan konsep yang dimungkinkan untuk
menggunakan suatu interface yang sama agar suatu objek melakukan aksi atau
tindakan yang mungkin secara prinsip sama tapi secara proses bisa berbeda-beda.
7.
Inheritance
Pewarisan atau inheritance adalah sebuah kelas mewarisi state dan behaviour dari
kelas lain atau dengan kata lain
kemampuan suatu class (kelas induk) untuk menurunkan sifatnya ke class baru (kelas
anak).
Tiga Konsep
inheritance :
* Semua atribut & method dari kelas induk diturunkan ke kelas anak
* Pada kelas anak dapat menambahkan atribut & method yang tidak ada pada kelas induk
* Pada kelas anak dapat memodifikasi method (behavior) yang sudah ada di kelas induk
Sumber : http://www.agustav.web.id/2009/11/konsep-oop-objek-oriented-programming.html
http://chalax212.wordpress.com/2012/09/26/konsep-dasar-object-oriented-programming-oop/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek
* Semua atribut & method dari kelas induk diturunkan ke kelas anak
* Pada kelas anak dapat menambahkan atribut & method yang tidak ada pada kelas induk
* Pada kelas anak dapat memodifikasi method (behavior) yang sudah ada di kelas induk
Sumber : http://www.agustav.web.id/2009/11/konsep-oop-objek-oriented-programming.html
http://chalax212.wordpress.com/2012/09/26/konsep-dasar-object-oriented-programming-oop/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek